Brigh of Tourism 2019

Guten Tag!
Semalat datang diblog saya.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang event Bright of Tourism yang diadakan oleh kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMKN 3 Bandung.
Event ini diselenggarakan oleh kelas 12 UPW dan saya salah satu siswi kelas 12 UPW SMKN 3 Bandung, serta guru-guru komptensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata.

Yuk langsung aja kita simak!

Event “Bright Of Tourism” yang diselenggarakan oleh Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMKN 3 Bandung. Dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : 18 Desember 2019
Waktu : Pukul 08.00 WIB – Selesai
Tempat : Ruang Pertemuan Lantai 2 SMKN 3 Bandung

Tujuan diselenggarakan event ini adalah bentuk implementasi pada mata pelajaran Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) yang dikemas dalam event Bright Of Tourism. Diselenggarakannya event ini juga untuk memperkenalkan Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata kepada siswa-siswi SMP yang menjadi peserta dalam kegiatan event Bright Of Tourism. Peserta yang akan diundang adalah siswa-siswi SMP se-Kota Bandung.

Adapun kegiatan yang diselenggarakan oleh event ini yaitu Lomba, Seminar mengenai Pariwisata, Tour the School SMKN 3 Bandung dan Mini Cinema.
Kegiatan event ini mengadakan 3 lomba dengan target diikuti oleh 30 orang siswa-siswi SMP. Lomba yang diadakan, yaitu:
Spelling Bee
Story Telling
Foto

Kegiatan seminar yang diadakan memiliki tema tentang Pariwisata. Narasumbernya adalah anggota dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan alumni SMKN 3 Bandung yang suskses dalam industri Pariwisata. Target peserta yang mengikuti seminar berjumlah 100 orang siswa-siswi SMP.
Kegiatan Tour the School SMKN 3 Bandung  adalah mengajak siswa-siswi SMP peserta seminar untuk melihat lingkungan sekolah SMKN 3 Bandung yang dipandu langsung oleh siswa kelas 12 Komptensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata.
Kegiatan Mini Cinema adalah menayangkan film pendek mengenai Pariwisata di Indonesia.

Kepanitiaan event ini terdiri dari guru-guru Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata berjumlah 4 orang, siswa-siswi kelas 12 Kompetensi Keahlian Pariwisata yang berjumlah 91 orang.

Jika dilihat dari Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Persaingan, gimana sih event ini tuh? Berikut penjelasannya!

Kekuatan
Kegiatan event ini merupakan event yang diadakan pertama kali yang didalamnya terdapat kegiatan perlombaan. Lomba yang diadakan juga mudah untuk diikuti oleh siswa-siswi SMP. Selain perlombaan, terdapat acara seperti Tour the School dan Mini Cimena yang menjadi daya tarik dari event Bright Of Tourism. Panitia yang mengadakan kegiatan ini dibimbing langsung oleh guru-guru Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata yang berpengalaman dalam menangani kegiatan event. Kegiatan event ini juga didukung oleh sekolah.
Kelemahan
Tanggal yang sering diubah menjadi kelemahan, karena banyak SMP yang tidak bisa mengikuti karena bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester. Dana pun menjadi kendala, karena ada beberapa sponsor yang menolak. Kemudian,  perubahan mengenai hadiah lomba yang menjadi daya tarik. Pada awalnya peserta lomba yang menang akan mendapatkan uang pembinaan, namun karena keterbatasan dana yang ada,  hadiahnya  menjadi souvenir. Siswa-siswi SMP yang berhalangan hadir  karena bersamaan dengan pelaksanaannya UAS membuat target awal tidak tercapai.
Peluang
Diselenggarakannya event ini tentu menjadi peluang untuk untuk menambah minat siswa-siswi SMP yang akan melanjutkan sekolah.  Selain itu, event ini merupakan bentuk mempromosikan Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata terhadap orang lain.
Ancaman/Persaingan
Pada tanggal 18 Desember 2019 di SMKN 3 Bandung, terdapat dua acara yang diselenggarakan bersamaan pada tanggal yang sama. Acaranya adalah event Bright Of Tourism dan Pensi sekolah. Pensi ini menjadi ancaman karena menarik perhatian dengan adannya bintang tamu yang diundang di acara pensi tersebut.


Berikut foto-foto Bright of Tourism 2019

Poster Bright of Tourism 2019



Divisi Humas dan Promosi



Komentar

Postingan Populer